Selasa, 24 April 2012

The true Idealism


Bung Patriot,
Anda kira pemaksaan ideologi akan bisa berjalan dalam masyarakat yang berpendidikan? apa manfaatnya saya mempunyai ideologi Pancasila? mengapa Pancasila dipaksakan pada pegawai negeri, pada murid2 sekolah? Mengapa orang tidak dibiarkan memilih/menolak Pancasila dengan kebebasan penuh?

Setiap pemaksaan ideologi tidak akan bisa menanamkan ideologi dalam jiwa apakah namanya Pancasila/Komunis/Islamist atau ideologi2 lainnya.

********
Setiap negara harus punya idealisme, tanpa sebuah idealisme maka hancurlah negara tersebut. Jangan bertanya apa yang dapat saya peroleh dari Pancasila, tetapi bertanyalah apa yang dapat saya berikan bagi negara ini yg berlandaskan Pancasila, Bung Isaac!
*********

Inilah indoktrinasi yang kita terima di sekolah2 Indonesia, jadi warganegara itu harus berbakti pada Negara? Apa definisi negara itu bung? Siapa yang membentuk negara? kenapa manusia membentuk negara? Manusia/masyarakat membentuk negara, membayar pajak, mengangkat pejabat,membayar militer/polisi (4 Angkatan). Negara harus berbakti pada warganegara. Kalau anda/perusahaan anda bayar satpam, apakah anda harus berbakti pada satpam? Satpam harus tunduk pada peraturan yang dibuat anda/perusahaan anda.

Apa yang terjadi? militer mengatur negara, masyarakat di haruskan berbakti pada negara, apa yang negara berikan untuk masyarakat? kemiskinan? pejabat korupsi? inikah yang anda inginkan agar kita berbakti pada Pancasila?

Mengapa begitu banyak anak muda Amerika pergi ke Afganistan/Irak bersedia berbakti pada negaranya, tanpa paksaan? semua ini karena Amerika berbakti untuk warganegaranya.
 

Idealisme yang sebenarnya adalah negara berbakti pada masyarakat karena masyarakatlah yang membentuk negara. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar